10 Cara Menambah RAM Xiaomi 100% Tanpa Root

Pertanyaan dasar yang sering muncul adalah bagaimana cara menambah RAM Xiaomi tanpa root? Pertanyaan ini muncul kepermukaan karena anda mencari solusi tentang cara mengatasi Xiaomi lemot, lag, hang atau mati total karena kapasitas RAM yang penuh. Sebelum kita membahas lebih jauh kesana, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu RAM?

Siapa yang tidak kenal dengan RAM yang merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory yakni sebuah memori yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari aplikasi atau game yang sedang anda jalankan. RAM berbeda dengan memori internal yang sering kita gunakan untuk menyimpan berbagai file.

Memori RAM tidak bisa kita gunakan untuk menyimpan file seperti foto, video, musik, dokumen atau file lainnya. Karena RAM hanya digunakan untuk menyimpan program aplikasi atau game yang kita jalankan dan sifatnya sementara. Setelah anda close aplikasi atau game tersebut maka RAM tidak digunakan.

Ketika anda membuka aplikasi atau game itu lagi, maka RAM akan digunakan lagi. Jumlah RAM menentukan seberapa kencang peforma perangkat yang anda gunakan. Semakin besar RAM maka semakin baik pula peforma Xiaomi anda.

Untuk meningkatkan peforma Xiaomi itulah saya memberikan cara memperbesar kapasitas RAM sehingga menjadi longgar dan membuat HP Xiaomi anda menjadi ngebut. Silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Inilah 10 Cara Menambah RAM Xiaomi 100% Tanpa Root

1) Pastikan smartphone Xiaomi kesayangan anda berada dalam keadaan hidup (bukan mati) karena cara ini hanya work pada saat perangkat Xiaomi dalam keadaan standby.

2) Pastikan pula kapasitas baterai yang ada pada smartphone Xiaomi anda paling minim 30% untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi jika pada saat proses berlangsung HP anda tiba-tiba mati karena low-batt.

3) Sekarang anda buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Xiaomi yang anda miliki. Menu tersebut bisa anda akses melalui icon bisa juga melalui notifikasi, silahkan pilih salah satu saja sesuai dengan selera anda masing-masing.

4) Setelah menu pengaturan terbuka, anda langsung saja scroll ke bawah menuju menu Tentang Ponsel kemudian anda buka menu tersebut.


5) Ketika menu Tentang Ponsel sudah anda buka, maka akan muncul beberapa informasi terkait smartphone yang anda gunakan. Dari nama, RAM, internal, dan sebagainya. Anda fokus saja pada MiUi Version lalu klik sebanyak 7 kali.


6) Setelah anda klik menu MiUi Version sebanyak 7 kali tadi, maka mode pengembang akan aktif. Bisa anda temukan menu tersebut pada Menu Pengaturan => Setelan Tambahan => Opsi Pengembang, seperti pada gambar di bawah.


CATATAN: Jika menu Opsi Pengembang tidak ketemu pada Setelan Tambahan, anda bisa ubek-ubek menu Pengaturan sampai menu tersebut ketemu karena pasti ada disana. Biasanya namanya berbeda seperti “Pilihan Pengembang” atau “Developer Options” atau “Opsi Developer” atau “Pilihan Developer”. Pokoknya anda cari nama-nama yang menyerupai di atas.

7) Jika Opsi Pengembang sudah ketemu, silahkan anda buka menu tersebut lalu anda langsung scroll ke bawah dan cari menu “Background Procces Limit” atau “Proses Latar Belakang” seperti gambar di bawah!


8) Jika sudah ketemu, anda buka menu “Background Procces Limit” atau “Proses Latar Belakang” tersebut lalu anda ganti dari “Batas Standar” menjadi “Tanpa Proses Latar Belakang” seperti pada gambar di bawah!


9) Semua proses sudah selesai, untuk melihat hasilnya apakah RAM HP Xiaomi anda bertambah atau tidak silahkan anda buka menu Pengaturan => Aplikasi Terinstal, seperti pada gambar di bawah!


10) Jika menu Aplikasi Terinstal sudah terbuka, silahkan anda geser ke bagian Tercache seperti gambar di bawah! Maka akan tampak jelas tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang background sama sekali sehingga RAM anda bertambah.


Silahkan anda buka Task Manager untuk melihat perubahan RAM atau anda baca Cara Melihat Sisa Free RAM Xiaomi (MiUi) sebelum dan sesudah menerapkan cara di atas. Jika sudah, maka sekarang anda bisa lancar bermain game atau menjalankan aplikasi berat lainnya menjadi tidak ada masalah lagi.

Smartphone Xiaomi anda kini sudah menjadi lancar jaya tanpa ada hambatan seperti Xiaomi lemot, lag, apalagi hang karena kekurangan RAM. Silahkan anda pasang aplikasi favorit meski berukuran besar sekalipun tidak masalah.

Apa Manfaat Mengikuti Langkah di Atas?

Jika anda menerapkan cara di atas, maka anda akan merasakan beberapa manfaat ketika menggunakan smartphone Xiaomi sbb:

a) HP Anda jadi Semakin Kencang. Sudah pasti ketika anda berhasil mengikuti step by step dengan baik maka kapasitas RAM smartphone Xiaomi anda akan bertambah yang membuat peforma Xiaomi semakin kencang.

b) Hemat Daya Baterai. Seperti diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup banyak mengkonsumsi daya baterai sehingga wajib anda hentikan dan membukanya saat dibutuhkan saja.

c) Hemat Kuota Data Internet. Tidak bisa dipungkiri, aplikasi yang berjalan di latar belakang selalu mengambil kuota internet ketika anda menghidupkan paket data seluler maupun Wifi. Jika aplikasi ini terus dibiarkan maka dompet anda akan cepat tipis karena sering membeli kuota internet.

d) Xiaomi Terhindar dari "Overheat". Makin banyak aplikasi yang dibuka maka Xiaomi anda akan kerja ekstra keras sehingga cenderung cepat panas. Hal itu membuat baterai menjadi cepat kembung. Namun dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, anda sudah berkontribusi memperpanjang umur baterai dan menjaga suhu HP Xiaomi anda menjadi tetap stabil.

Baca Juga: 2 Cara Mengetahui HP Xiaomi Normal/ Rusak

Mohon gunakan 10 cara menambah RAM Xiaomi tanpa root ini dengan sangat bijaksana supaya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Berikan pengetahuan di atas kepada teman-teman anda juga yang memakai smartphone Xiaomi. Ohh ya, ada postingan lain yang UNIK terkait Xiaomi, silahkan lihat di bawah!

10 Cara Menambah RAM Xiaomi 100% Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: Monday, January 22, 2018