10+ Cara Membedakan Lenovo Asli dan Palsu (KW, HDC, Replika, Tiruan)

Jika agan mengetahui cara membedakan Lenovo asli dan palsu (HDC, KW, replika, tiruan, supercopy, dll) maka dapat dipastikan jika agan akan terbebas dari tindak penipuan karena banyak masyarakat yang terkena muslihat ketika membeli ponsel Lenovo baru namun sebenarnya bukan barang baru melainkan produk sekon/ bekas yang casingnya sudah diganti dengan casing baru sehingga nampak persis dengan HP Lenovo baru.

Sudah lagi bukan rahasia umum lagi bahwa “semakin tinggi sebuah pohon maka semakin kencang pula angin yang menerpa”. Demikian dengan ketenaran smartphone Lenovo ini. Pasalnya desain premium Lenovo memang memiliki banyak peminat dan laku keras di pasaran gadget.

Kesuksesan ponsel pintar Lenovo ini juga memicu kemunculan smartphone palsu yang menyerupai perangkat Lenovo. Kehadiran produk Lenovo palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device.

Vendor pembuat smartphone KW tersebut mampu meniru dengan cepat sebuah perangkat seperti Lenovo karena mereka menggunakan perkembangan teknologi terbaru yakni mesin printer 3D. Mereka hanya cukup melakukan scaning 3D pada perangkat asli Lenovo yang mereka beli sebagai eksperimen kemudian melakukan sedikit editing dengan aplikasi khusus seperti photoshop, Corel Draw, dsb.

Hasilnya kemudian dicetak memakai printer 3D sehingga casingnya sangat persis dengan aslinya dan sulit untuk membedakan antara yang asli dan palsu ketika kedua smartphone Lenovo disandingkan bersebelahan. Hal ini membuat tidak akurat jika kita mengecek keaslian Lenovo hanya melalui casing semata, karena kita akan mudah dikelabui jika berpatokan hanya pada body saja karena mesin printer 3D memang berhasil memanipulasinya dengan sempurna.

Oleh sebab itu, ada beberapa indikator selain casing/body yang bisa kita jadikan sebagai acuan untuk mengetahui originalitas Lenovo sebelum kita memutuskan untuk memboyong perangkat populer ini. Salah satunya yakni memakai kode rahasia.

Apalagi fitur (kode rahasia) untuk mengetahui kerusakan HP android Lenovo ini telah disediakan oleh Perusahaan asal Tirai Bambu itu sejak awal untuk mempermudah pengguna perangkat dalam mendeteksi HP Lenovo yang rusak atau normal.

Kode rahasia Lenovo ini biasa disebut dengan “Engineer Mode”. Untuk cara menggunakan kode rahasia Lenovo ini, silahkan perhatikan tahapan-tahapannya sebagai berikut:

a) Pada HP android Lenovo agan, silahkan buka menu Phone (dial number), lalu ketik kode *#*#66#*#* atau ####1111# Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah!


b) Setelah kode rahasia Lenovo di atas diketik, maka muncul beberapa menu yang bisa agan jadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian HP Lenovo seperti pada gambar di bawah!


c) Dari beberapa menu di atas, silahkan agan klik “Single Item Test” sehingga akan muncul 26 menu yang bisa agan uji seperti gambar di bawah!


d) Silahkan agan uji semua 25 menu yang ada di atas untuk memastikan normalitas HP Lenovo yang agan pakai itu bebas dari kerusakan. Pastikan agan mengujinya dengan cara yang benar agar tidak terjadi disconnect pada perangkat.

Untuk lebih mudah memahami 25 menu yang muncul pada HP Lenovo di atas, di bawah ini saya jelaskan dengan bahasa yang sederhana dengan harapan agan bisa memahami sebelum melakukan uji kerusakan HP Lenovo.

Inilah 10+ Menu Untuk Membedakan Lenovo Asli

1) Key => menu yang digunakan untuk menguji normal atau tidaknya semua tombol yang ada pada Lenovo agan. Silahkan klik menu ini, kemudian tekan semua tombol yang ada pada perangkat maka layar HP akan mengalami perubahan warna jika tombol berfungsi dengan baik.

2) Receiver => suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone Lenovo. Dengar baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) berarti dalam keadaan baik.

3) Bluetooth => menu yang digunakan untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim berbagai file seperti gambar, dokumen, music, dan file lainnya yang menggunakan teknologi ini.

4) FM => pemancar gelombang radio yang digunakan untuk menangkap sinyal radio sehingga bisa mendengarkan suara dari radio. Silahkan agan cek, apakah gelombang radio masih berfungsi dengan baik atau tidak.

5) Camera => menu untuk mengakses kamera utama. Pada menu ini, agan bisa mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

6) SIM Card => menu untuk mengetes fungsi kuningan pada HP Lenovo apakah masih bisa membaca kartu memori dan bisa menangkap sinyal atau tidaknya.

7) Vibration => getaran yang dihasilkan oleh smartphone agan. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan agan. Jika getaran tersendat-sendat pasti HP Lenovo agan kurang sehat.

8) Speaker => menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Lenovo. Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.

9) Headset => sebuah menu yang digunakan untuk menguji suara headset apakah suaranya bagus atau tidak. Jika suara yang dihasilkan jernih artinya tidak ada kendala sama sekali pada fitur headset ini.

10) Battery => menu yang digunakan untuk menguji kesehatan baterai HP Lenovo. Pada menu ini akan menimbulkan informasi yang seakurat mungkin sehingga pengguna bisa mengganti baterai dengan segera jika rusak.

11) WIFI => menu untuk menguji fitur WIFI yang ada di HP Lenovo agan. Jika menu ini diklik maka WIFI akan menyala secara otomatis dan melakukan uji untuk memastikan optimalisasi sinyal ini.

12) LCD => menu yang digunakan untuk cek kerusakan LCD Lenovo khususnya kontras warna pada LCD. Jadi pastikan keadaan kontras warna LCD agan baik-baik saja dengan melakukan pengujian menggunakan menu yang satu ini.

13) GPS => menu yang diapakai untuk menguji keakuratan sinyal GPS yang ada diwilayah agan berada. Banyak hal yang dilakukan dengan sinyal GPS ini salah satunya bisa dipakai untuk Peta jalan.

Cara cek kerusakan HP android Lenovo di atas juga support pada device flaship seperti Lenovo Vibe K4 K5 K6, dan device low-end seperti Lenovo A B C, dan sebagainya. Oh iya, selain cara di atas, apakah ada alat/ aplikasi/ software pendeteksi untuk mengetahui kerusakan HP Lenovo?

Baca Juga: 3 Tutorial Cara Mengecek Tipe HP Lenovo Asli

Untuk artikel lain terkait HP Lenovo, silahkan lihat di bawah! Demikianlah 10+ Cara Membedakan Lenovo Asli dan Palsu (KW, HDC, Replika, Tiruan) yang bisa agan jadikan sebagai referensi sebelum memtuskan untuk membeli, baik itu HP bekas maupun baru. Sekian dari Petaponsel.com, and see you next time…

10+ Cara Membedakan Lenovo Asli dan Palsu (KW, HDC, Replika, Tiruan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: December 20, 2017