5 Tips Cara Membeli iPhone Bekas (Sekon) Murah Tapi Berkualitas

Apakah sobat ngebet pengen punya smartphone besutan dari Apple? Lalu bagaimana tips cara membeli iPhone bekas (sekon) yang murah tapi berkualitas atau masih bagus. Terdapat beberapa hal yang harus sobat pertimbangkan sebelum membeli iPhone secon. Adapun beberapa trik tersebut yakni sebagai berikut:

1) Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Perlu sobat catat adalah perusahaan Apple tidak menjual hardware iPhone besutan mereka. Jadi yang harus sobat pastikan sebelum membeli adalah periksa semua fisik perangkat tersebut, gunakan semua fitur yang ada disana untuk menguji apakah berfungsi denganbaik atau tidak. Adapun beberapa hal yang harus sobat pastikan harus berfungsi dengan baik yaitu:

a) Cek responsivebilitas layar iPhone yang akan sobat beli. Cobalah untuk menguji dari segala sudut layar sentuh iPhone tersebut guna memastikan kualitasnya masih bagus. Jangan lupa sobat harus cek juga sensor Accelerometer pada iPhone bekas itu.

b) Cek juga sensor penting lainnya seperti ambient light sensor. Fungsi sensor ini adalah merespon cahaya layar ketika berada di kegelapan sehingga pengguna tidak perlu repot mengatur kecerahan layar secara manual.

c) Cek Konektivitas seperti jaringan data seluler, WIFI, GPS, dan Bluetooth. Periksa semua konektivitas itu satu per satu untuk memastikan kualitas koneksi yang dihasilkan oleh iPhone bekas yang akan sobat beli itu.

d) Periksa kamera utama dan kedua pada smartphone iPhone bekas yang akan sobat beli. Cobalah gunakan kamera utama untuk mengambil beberapa gambar dan merekam video. Jika hasilnya masih bagus berarti kualitasnya masih baik.

e) Periksa juga kesehatan baterai pada smartphone iPhone bekas untuk memastikan daya penyimpanan baterai masih berada dalam keadaan baik sehingga tidak perlu membeli baterai lagi. Caranya dengan membuka menu Setting => General => Usage => Baterry Usage.


2) Masih Ada Garansi

Apabila sobat hendak membeli smartphone iPhone bekas, maka saya merekomendasikan untuk membeli yang masih ada garansi resminya. Meskipun lebih mahal dikit, tetapi kwalitasnya pasti terjamin aman berkat garansi tersebut.

Jika sobat memang ngebet pengen beli iPhone yang harganya murah, maka carilah smartphone iPhone yang garansinya sudah habis tetapi tidak lama. Sobat bisa mencari iPhone yang garansi baru habis satu bulan yang lalu sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Kalau bisa, sobat hindarilah membeli iPhone yang garansinya sudah habis satu tahun lebih karena kemungkinan jika rusak berat kita tidak tahu. Untuk membeli smartphone iPhone dengan harga yang murah memang diperlukan kesabaran sobat.

Hal terkait lainnya yang tak kalah pentingnya mengenai garansi yakni adanya garansi versi internasional dan regional. Ini cukup krusial dan sangat penting bagi sobat dan harus tahu sebelum membeli. Garansi internasional untuk Negara Indonesia itu tidak ada.

Yang benar adalah garansi regional, dimana perusahaan Apple melalui toko fisik mereka mengakui garansi tersebut resmi di keluarkan di Negara yang bersangkutan. Jadi, jika sobat di tawarkan garansi internasional maka itu sia-sia saja karena tidak akan di terima jika sobat melakukan service di Indonesia.

Untuk mengetahui apakah smartphone iPhone tersebut adalah garansi regional atau internasional silahkan lihat pada dus box kiri bawah HP iPhone yang akan sobat beli. Lalu cocokkan dengan kode yang ada di bawah ini:
ZP/A: Singapore, Hongkong
PA/A: Indonesia
LL/A: Amerika
MY/A: Malaysia
X/A: Australia


3) Cek Kualitas Software

Sobat harus mengecek icloud apakah masih aktif atau tidaknya. Untuk melakukan pengecekan, silahkan sobat pergi ke menu Setting => iCloud dan silahkan sobat reset supaya semua data kosong sehingga bisa diisi kembali.

Jika sobat sudah pasti membelinya, pastikan untuk me-nonaktifkan fitur Find My iPhone serta menghapus semua akun. Hal ini bertujuan untuk mengganti akun ke akun sobat. Fitur Find My iPhone memungkinkan pengguna bisa mengendalikan iPhone dari jarak jauh.

Untuk melakukan reset pada icloud, silahkan sobat pergi ke menu Setting => iCloud => Find My iPhone lalu matikan fitur tersebut. Setelah itu sobat pilih: Erase All Content and Setting di Setting => General => Reset => Erase All Content and Setting.


4) Pilih iPhone FU atau iPhone SU?

Apple iPhone FU (Factory Unlock) adalah smartphone iPhone yang tidak di kunci dari pabrik Apple secara resmi. Sehingga dengan menggunakan iPhone ini pengguna bisa memakai kartu SIM apapun dengan bebas sesuai keinginan.

Sementara smartphone Apple iPhone SU (Software Unlock) adalah smartphone iPhone yang tidak dikunci menggunakan software. Awalnya smartphone iPhone SU ini sebenarnya di kunci oleh operator tertentu kemudian dibuka paksa dengan melakukan jailbreak sehingga kadang tidak befungsi dengan baik.


5) Periksa Keaslian IMEI

Jika semua hal di atas sudah sobat tentukan, jangan langsung membeli iPhone bekas itu. Cek keaslian IMEI iPhone bekas itu sebelum memutuskan untuk membeli, jangan asal hajar saja. Nomor IMEI adalah nomor unik yang hanya dimiliki oleh smartphone itu saja.

Untuk mengecek nomor IMEI iPhone, silahkan sobat buka menu Setting => General => About. Jika nomor IMEI sudah ketemu, selanjutnya sobat pastikan keaslian Nomor IMEI tersebut melalui website resmi Apple disini (www.checkcoverage.apple.com).



Saran penulis, pastikan sobat membeli produk iPhone asli dan jika masih khawatir membeli melalui sistem online, sebaiknya gunakan sistem COD saja agar lebih aman dan nyaman saatmelakukan transaksi pembayaran.

5 Tips Cara Membeli iPhone Bekas (Sekon) Murah Tapi Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: February 23, 2017