12) Tutorial Cara Flash Samsung J3 (All Version) 100% Work

Tutorial cara flash firmware Samsung Galaxy J3 (All Version) terdiri dari J3 (2015), (2016), (2017), Prime, Pro, dll. Hal ini berguna untuk mengatasi berbagai masalah di Samsung J3 kalian seperti mengalami bootloop yang tidak bisa di atasi dengan wipe data factory reset, apikasi error, dan sebagainya. Pada banyak kasus Samsung Galaxy J3 botloop seringkali tidak bisa dipulihkan dengan cara wipe data factory reset, cara mengatasi hal itu yakni harus melakukan instal ulang firmware atau falsh Samsung Galaxy J3.

Sebelum kalian melakukan langkah flash Samsung J3 sebaiknya mengetahui dulu apa itu flash? Istilah flash memori atau disebut dengan memori kilat adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Flash memori adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak atau RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik.

Sedangkan Flashing adalah suatu proses memasukkan firmware ke handphone. Untuk melakukan flash Samsung J3 ada beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan yang bisa kalian unduh di bawah ini sebelum melakukan flash. 

File Wajib Sebelum Flashing
Terdapat tiga file wajib yang harus kalian miliki sebelum melakukan flashing, yang pertama Odin3 v3.10.7, yang kedua yakni Driver USB Samsung for Mobile Phone, dan yang terakhir yakni Firmware yang bisa kalian pilih sesuai dengan model number (nomor model) HP Samsung J3.

Sebelum mendownload firmware di bawah ini, silahkan lihat model number HP kalian melalui menu Setting => About (Tentang Perangkat). Maka akan muncul nomor model HP kalian, persis seperti gambar di bawah ini.

Cara-melihat-nomor-model-Samsung


Lalu cocokkan dengan yang ada di bawah ini, kemudian silahkan kalian download.
- Samsung J3 (SM-J320G) => cari di web Samsung
- Samsung J3 (SM-J3109) => cari di web Samsung

Jika semua file di atas sudah selesai di download, silahkan ikuti cara flash Samsung Galaxy J3 di bawah ini dengan benar.

#10 Tutorial Cara Flash Samsung Galaxy J3 100% Berhasil

1) Ekstrak semua bahan yang sudah di download tadi pada PC/ komputer/ laptop kalian.

2) Kemudian kalian silahkan Instal Driver Samsung pada
PC/ komputer/ laptop tersebut.

3) Setelah selesai melakukan install Driver Samsung, sekarang matikan smartphone Samsung Galaxy J3 kalian.

4) Hidupkan lagi Samsung J3 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan sampai muncul peringantan Warning!!

Tutorial Cara Flash Samsung J3 (All Version) 100% Work

5) Selanjutnya Sambungkan kabel data dari Samsung Galaxy J3 ke komputer menggunakan kabel USB.

6) Jika kabel data sudah tersambung, kemudian kalian buka aplikasi Odin3 v3.10.7 yang sudah di install tadi.

7) Pastikan Samsung J3 terdeteksi oleh Odin3 v3.10.7 port ID:COM pada tanda panah nomor 1. Lihat gambar yang ada di nomor delapan!

8) Masukkan firmware Samsung Galaxy J3 pada tab AP (yang diberi tanda panah nomor 2).


9) Klik START untuk memulai instal ulang firmware Samsung Galaxy J3 dan tunggu proses tersebut sampai selesai.

10) Jika proses Flash Samsung Galaxy J3 selesai akan muncul tulisan PASS persis seperti pada gambar di bawah ini!


11) Jika sudah muncul PASS seperti di atas, maka smartphone Samsung J3 kalian akan restart sendiri. Biarkan saja sampai HP kalian benar-benar hidup.

12) Oke, Flash Samsung Galaxy J3 Selesai. Proses flash Flash Samsung Galaxy J3 ini memerlukan waktu kurang dari 4 menit saja.


Sekianlah tutorial cara flash Samsung Galaxy J3 via Odin (All Version) terdiri dari J3 (2015), (2016), (2017), Prime, Pro yang terbukti berhasil saat kalian terapkan pada smartphone yang kalian punya. Harapan Peta Ponsel, semoga postingan ini bermanfaat sehingga dapat mengatasi masalah Samsung J3 yang bootloop, aplikasi error, dsb. Selamat mencoba, sekian dan terimakasih….

12) Tutorial Cara Flash Samsung J3 (All Version) 100% Work Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: Wednesday, February 08, 2017