Kelebihan dan Kekurangan Fatal Samsung Galaxy Note 3

Samsung Galaxy Note 3 merupakan smartphone Premium series “NOTE” yang merupakan penerus dari series Note 2 sebelumnya dengan menawarkan spesifikasi yang lebih gahar agar mampu menarik konsumen. Seperti halnya device lain, kelebihan dan kekurangan juga ada pada Samsung Galaxy Note 3 sehingga layak untuk dipertimbangkan sebelum anda membeli.

Samsung Galaxy Note 3
Samsung Galaxy Note 3

Seperti apakah kelebihan dan kekurangan fatal pada Samsung Galaxy Note 3? Berikut ini Petaponsel.com akan merangkumnya berdasarkan spesifikasi dari GSMArena semoga dapat membantu anda dalam menentukan pilihan.


A. Kelebihan Samsung Galaxy Note 3

1. Type Layar
Untuk membuat pengguna smartphone ini betah menyentuh layar, Samsung Galaxy Note 3 dibekali dengan jenis layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode.

Layar AMOLED pada Samsung Galaxy Note 3 memiliki tingkat kecerahan (brightness) tinggi dalam tampilannya. Teknologi AMOLED mengemas fitur penyetelan RGB, yang dapat membuat warna foto ataupun video lebih stabil, sehingga tampilannya lebih cerah dan tajam di Samsung Galaxy Note 3.

Teknologi AMOLED pada Samsung Galaxy Note 3 juga memiliki tingkat konsumsi energi yang rendah atau hemat daya, sehingga konsumsi listriknya minimal serta baterai dapat bertahan dalam waktu yang lama. AMOLED Samsung Galaxy Note 3 mampu menghemat daya 40% lebih dibanding yang lainnya. Tingkat ketipisan dari layar ini mencapai 0,001 mm.

Selain itu layar AMOLED Samsung Galaxy Note 3 bahkan diklaim mampu menghasilkan tingkat kehitaman yang lebih dibandingkan yang lain, walaupun dilihat dari bawah terik matahari secara langsung, tampilan layar Samsung Galaxy Note 3 masih tampak terang dan jelas, serta warnanya pun tetap cerah.

Layar AMOLED Samsung Galaxy Note 3 juga tidak membutuhkan cahaya latar yang memiliki kemampuan untuk mengatur seberapa besar piksel, dengan konsumsi daya yang lebih rendah, walaupun dalam ukuran yang besar. Selain itu, layar AMOLED Samsung Galaxy Note 3 juga memiliki rasio kontras lebih dalam daripada kebanyakan LCD lainnya.

Keunikan lain dari layar bentuk AMOLED Samsung Galaxy Note 3 adalah layar ini mampu menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar secara otomatis. AMOLED ini membuat waktu respons lebih cepat ketika Samsung Galaxy Note 3 berubah posisi on dan off. Ketipisan dan kefleksibelan dari bahan yang digunakan dalam layar ini membuat pabrik-pabrik teknologi dapat membuat layar dalam ukuran yang bervariasi, dari ukuran raksasa sampai yang kecil sekalipun.

Selain itu, satu kelebihan lain dari teknologi AMOLED di Samsung Galaxy Note 3 ini jika dibandingkan dengan teknologi LCD yakni dapat dilihat oleh mata manusia meskipun tidak memerlukan sinar backlight tambahan sekalipun.

2. Lebar Layar
Samsung Galaxy Note 3 memiliki layar lebar 5.7 inches (~74.8% screen-to-body ratio) membuat mata setiap penggunakan terasa dimanjakan. Bagaimana tidak, layar HD seluas itu membuat tampilan gambar akan tampak jelas dan nyata sehingga membuat pengguna betah berlama-lama memakai Samsung Galaxy Note 3 ini.

3. Ketajaman Resolusi
Untuk tetap dapat melihat gambar atau video dengan tampilan yang HD, Samsung Galaxy Note 3 telah dilengkapi dengan resolusi yang sangat bagus saat pertama kali peluncurannya karena menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels  serta kerapatan pixel yang bagus yakni ~386 ppi pixel density.

4. Kamera Utama
Samsung Galaxy Note 3 sudah dibekali kamera HD berlensa 13 MP serta didukung dengan fitur lengkap seperti f/2.2, 31mm, autofocus, LED flash, check quality, 1/3" sensor size, 1.12 ┬Ám pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, dan kemampuan merekam video yang HD meliputi 2160p@30fps, dan 1080p@60fps.

Sehingga kejernihan layar Samsung Galaxy Note 3 tidak dapat diragukan lagi karena teknologi autofocus akan membuat smartphone ini secara otomatis akan menangkap objek dengan kwalitas yang baik dengan mengatur tingkat cahaya yang masuk pada lensa sehingga menampilkan gambar yang sangat bagus.

5. Kamera Sekunder

Untuk melakukan aktivitas selfie, Samsung Galaxy Note 3 telah dibekali dengan kamera depan berlensa 2 MP yang didukung dengan kemampuan f/2.4, 27mm serta mampu merekam video HD yakni1080p@30fps.

6. Sektor Memori
Samsung Galaxy Note 3 tersedia tiga varian internal memori yakni 16/32/64 GB yang didukung dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB. Jika memori internal masih dirasa kurang bagi penggunanya, Samsung Galaxy Note 3 juga telah mendukung memori eksternal hingga 64 GB. Kapasitas penyimpanan sebesar itu tentu membuat anda leluasa mengisi file sesuka hati tanpa takut kepenuhan.

7. Kwalitas Hardware
Unruk membuat peforma Samsung Galaxy Note 3 maksimal, smartphone ini telah dibekali hardware seperti Chipset, CPU, dan GPU yang mempuni. Fungsi Chipset adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Samsung Galaxy Note 3 memiliki hardware sbb:

  • Chipset: Snapdragon 800 (N9005, N9002)
  • CPU: Quad-core 2.3 GHz Krait 400 (N9005, N9002)
  • GPU: Adreno 330 (N9005, N9002)

Dengan menggunakan kwalitas hardware di atas membuat peforma Samsung Galaxy Note 3 saat menjalankan multitasking, aplikasi, dan memainkan game berat lainnya sangat mudah dilakukan.

8. Versi OS
Samsung Galaxy Note 3 membawa operating system android yang sedang tenar saat ini seperti Android OS, v4.3 (Jelly Bean). Tak cukup sampai disitu saja, Samsung Galaxy Note 3 juga bisa di upgradable ke Android v4.4.2 (KitKat) dan ke Android v5.0 (Lollipop).

9. Kecepatan Jaringan
Samsung Galaxy Note 3 support berbagai jaringan dari 2G, 3G, HSDPA, hingga 4G LTE. Pada jaringan HSPA kecepatan upload dan d0wnl0ad mencapai 42.2/5.76 Mbps, sementara pada jaringan LTE pengguna bisa merasakan kecepatan jaringan Cat4 yakni 150/50 Mbps. Samsung Galaxy Note 3 juga didukung WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot.

10. Kelengkapan Sensor
Samsung Galaxy Note 3 juga telah didukung sensor yang sangat lengkap seperti Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, temperature, humidity, dan gesture. Sensor seperti itu tidak akan pernah anda temui pada smartphone Entry-level.

11. Kecepatan Transfer File

Samsung Galaxy Note 3 menggunakan Bluetooth v4.0 yang dilengkapi A2DP, EDR, LE. Smartphone ini juga support NFC sehingga pengguna cukup mendekatkan Samsung Galaxy Note 3 dan tinggal satu kali sentuh maka semua gambar akan terkirim dengan cepat. Tak lupa juga, Samsung Galaxy Note 3 didukung microUSB v3.0 yang support MHL 2 TV-out dan USB Host yang bisa digunakan untuk memasukkan Flashdisk.

12. Kapasitas Baterai
Biasanya, kebanyakan smartphone premium selalu menggunakan type baterai non-removable namun Samsung Galaxy Note 3 memahami penggunanya dengan memakai type baterai removale (baterai dapat dilepas) sehingga mempermudah pengguna melepas baterai jika perangkat berada dalam keadaan basah.

Phablet yang menggunakan layar 5.7 inchi ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang besar pula sesuai dengan luas layarnya. Daya baterai yang ditampung pada smartphone ini yakni Li-Ion 3200 mAh. Jika masih dirasa kurang, pengguna bisa menggunakan power bank untuk jaga-jaga.

13. Bobot Perangkat
Meski membawa layar lebar 5.7 inchi dan daya baterai 3200 mAh, namun Samsung Galaxy Note 3 masih ringan karena hanya memiliki berat 168 gram. Hal ini karena Samsung Galaxy Note 3 menggunakan bahan plastik berkualitas yang ringan namun tetap elastis.

14. Pilihan Warna
Agar konsumen bebas memilih warna kesukaan smartphone kesayangan mereka, Samsung Galaxy Note 3 menyediakan banyak sekali pilihan warna casing yang menarik seperti Black, White, Pink, Merlot Red, Rose Gold Black, dan Rose Gold White.

15. Fitur Lainnya
Samsung Galaxy Note 3 memiliki banyak fitur rahasia yang jarang diketahui banyak penggunanya. Fitur tersebut antara lain:

  • ANT+ support
  • S-Voice natural language commands and dictation
  • Air gestures
  • Dropbox (50 GB cloud storage)
  • MP4/DivX/XviD/WMV/H.264 player
  • MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
  • Photo/video editor
  • Document viewer

Meskipun kelebihan Samsung Galaxy Note 3 di atas membuat banyak konsumen tertarik, namun sebelum memilih suatu smartphone juga harus mengetahui kekurangan fatal pada Samsung Galaxy Note 3 sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli.


B. Kekurangan Samsung Galaxy Note 3

1. Tidak mendukung Radio
Bagi beberapa orang yang tinggal dikawasan jauh dari sinyal radio tentu ini tidak menjadi masalah, namun akan menjadi masalah jika anda berada diwilayah dengan sinyal radio penuh namun tidak dapat menikmatinya.

2. Tidak Support Java
Ketika di era Symbian milik Nokia berjaya, fitur Java sangat diperlukan untuk menjalankan beberapa aplikasi atau fitur tertentu. Namun seiring dengan perkembangan teknologi OS Linux pun bermunculan dengan berbagai nama dan yang paling tenar adalah Android.

Semenjak Android dijadikan sebagai OS oleh banyak vendor keberadaan dukungan terhadap Java semakin tiada. Bagi beberapa orang mungkin ini menjadi masalah yang berarti tetapi bagi pemula hal ini tentu tidak jadi masalah karena mereka tidak pernah menggunakannya.

Kesimpulan
Masalah pilihan tetap bersifat subyektif karena setiap smartphone memang selalu memiliki kelemahan dan kelebihan. Pertimbangkan pilihan anda agar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Demikianlah Kelebihan dan Kekurangan Fatal Samsung Galaxy Note 3, jika anda suka silahkan share ke rekan-rekan anda agar mereka juga mengetahuinya. Namun, jika anda tidak suka silahkan abaikan saja.

Kelebihan dan Kekurangan Fatal Samsung Galaxy Note 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: Tuesday, October 18, 2016