5 Cara Root Samsung Galaxy A5 (2016) Tanpa PC

Cara melakukan root pada Samsung Galaxy A5 (2016) tanpa PC atau dengan Aplikasi memang susah-susah gampang, alasannya karena setiap smartphone android memiliki cara membuka open source-nya yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadi kendala kebanyakan orang. Ada yang berhasil melakukan rooting menggunakan PC, ada juga yang berhasil tanpa PC/ komputer/ laptop dan bahkan ada juga yang berhasil padahal hanya menggunakan aplikasi root saja.

Root Samsung Galaxy A5 (2016) Tanpa PC

Sebelum melakukan root pada perangkat Samsung Galaxy A5 (2016) sobat, sebaiknya sobat mengenal terlebih dulu apa itu root. Istilah rooting sudah sangat familiar di kalangan pengguna Android. Rooting biasanya dikenal dengan ngoprek dengan tujuan tertentu, seperti memaksimalkan kinerja Samsung Galaxy A5 (2016) sobat. Secara sederhana, rooting bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi sistem android pada perangkat Samsung Galaxy A5 (2016) miliknya.

Apabila sobat sering menggunakan OS windows tentu mengenal yang namanya administrator, nah istilah rooting ini mirip dengan istilah administrator yang biasa sobat temukan di OS Windows untuk mengakses file sistem. Cara kerja rooting kurang lebih sama seperti itu, dengan adanya akses root, kamu bisa mengubah dan mempunyai hak akses terhadap keseluruhan sistem di perangkat Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.

Melakukan root pada Android sobat tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan Samsung Galaxy A5 (2016) sobat secara drastis. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Mengapa Samsung Galaxy A5 (2016) tidak diberikan akses root ini sejak awal? Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi sistem operasi Android pada Samsung Galaxy A5 (2016) sobat secara keseluruhan, sehingga tidak sembarang orang awam bisa mengoprek yang menyebabkan sistem pada Samsung Galaxy A5 (2016) mengalami error.

Lalu apakah dampak yang ditimbulkan jika device Samsung Galaxy A5 (2016) sobat di root? Sebaiknya sobat mengetahui dulu resiko apa saja yang akan ditimbulkan ketika Hp android berhasil di root.

INGAT! Melakukan root pada Samsung Galaxy A5 (2016) bisa menyebabkan garansi smartphone sobat hilang. Segala resiko yang ditimbulkan ketika proses rooting menjadi tanggungjawab penuh sobat sebagai pemilik Samsung Galaxy A5 (2016).

Bagaimana cara agar berhasil melakukan root di Samsung Galaxy A5 (2016)? Ada salah satu faktor penting yang harus diperhatikan karena hal ini menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam proses rooting. Faktor penentu keberhasilan dan kegagalan tersebut adalah user itu sendiri yang tidak mengikuti langkah demi langkah secara benar sehingga proses root pada Samsung Galaxy A5 (2016) menjadi gagal.

Faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam root Samsung Galaxy A5 (2016) yakni perangkat yang sobat miliki telah dioprak-aprik sebelumnya sehingga jeroannya tidak lagi asli dan ketika di root tanpa menggunakan Pc/Komputer/Laptop diterapkan pada perangkat sobat, maka tidak akan berfungsi dengan baik sehingga rooting dikatakan gagal, dan masih banyak faktor lainnya. Agar terhindar dari segala kegagalan saat root Samsung Galaxy A5 (2016) sobat, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini dengan benar.

#1 Menggunakan Aplikasi KingRoot
Aplikasi KingRoot adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuka open source OS android sehingga lebih mudah untuk dimodifikasi untuk kepentingan pribadi. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy A5 (2016) dengan Kingroot:

  • D0wnl0ad dulu aplikasi KingRoot di www.kingoapp.com. Sebelum pasang aplikasi ini, sobat harus mengizinkan Samsung Galaxy A5 (2016) sobat melakukan pasangasi dari aplikasi pihak ketiga. Caranya, buka menu Pengaturan => Keamanan => Sumber tak dikenal (lalu centang).
  • Pasangl aplikasi KingRoot yang sudah sobat undoh tadi, ikuti tahapannya hingga proses pemasangan selesai.
  • Ingat! pastikan Samsung Galaxy A5 (2016) sobat terhubung dengan internet, serta memiliki daya baterai minimal 50%, bisa juga sambil melakukan charger untuk jaga-jaga.
  • Buka atau jalankan aplikasi King Root di Samsung Galaxy A5 (2016) sobat. Tunggu beberapa saat lalu klik pada lingkaran yang bertuliskan kata “Root“.
  • Silahkan sobat tunggu beberapa saat, jika muncul pesan konfirmasi pemasangan aplikasi King Master/ King User atau semacamnya pilih saja “Iya” atau “Izinkan”.
  • Apabila muncul notifikasi yang berwarna hijau/ biru, berarti Samsung Galaxy A5 (2016) sobat telah berhasil di root.
  • Sekarang silahkan sobat matikan, lalu hidupkan kembali (restart/ reboot) Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.
  • Selamat, Proses Root Samsung Galaxy A5 (2016) telah berhasil. Apabila terjadi kegagalan yang perlu sobat lakukan adalah mencari aplikasi KingRoot versi terbaru yang support dengan versi Android Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.

#2 Menggunkan Aplikasi FramaRoot
Jika cara di atas masih juga bandel, maka sobat bisa gunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi FramaRoot merupakan aplikasi yang memiliki cara kerja yang sama yaitu membuka open source (root) dari OS android Samsung Galaxy A5 (2016) agar mudah dimodifikasi. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy A5 (2016) dengan Framaroot:

  • Undoh aplikasi FramaRoot www.framaroot.net. Pasang aplikasi pada Samsung Galaxy A5 (2016) seperti memasang aplikasi pada umumnya.
  • Buka Aplikasi FramaRoot, lihat menu “Select an action to execute after root“, lalu ganti dengan “Install Superuser” atau “Install SuperSU“. Silahkan sobat pilih saja Install Superuser.
  • Setelah itu, pilih “Gsobatlf“. Aplikasi ini akan otomatis melakukan proses Rooting. Jadi tunggu beberapa saat hingga proses root di Samsung A5 (2016) sobat selesai.
  • Jika proses root selesai, maka akan muncul popup “superuser and su binary pasangled. you have to reboot your device“. Silahkan sobat tekan OK, maka Samsung Galaxy A5 (2016) sobat akan restart sendiri.
  • Setelah selesai restart, cari aplikasi SuperSU dan pasang binary mode normal.
  • FINISH, selamat Samsung Galaxy A5 (2016) sobat sukses di root. Apabila masih terjadi kegagalan juga, silahkan sobat mencari aplikasi FramaRoot versi terbaru yang support dengan versi Android Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.

#3 Memakai Aplikasi 360Root
Jika memakai FramaRoot juga masih kebal, sobat bisa gunakan aplikasi bernama 360Root ini yang memiliki fungsi untuk memudahkan dalam proses rooting OS android. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy A5 (2016) dengan aplikasi 360Root:

  • Aktifkan Sumber tak dikenal untuk bisa pasang aplikasi diluar playstore melalui menu Setting => Security => Unknown Source (centang).
  • Aktifkan USB Debugging, pergi ke Settings => Developer options => centang USB Debugging.
  • Untuk android 4.2 ke atas pergi ke Setting => About phone => tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kembali ke menu Setting => Developer option => centang USB Debugging.
  • Sekarang, undoh aplikasi 360Root di www.root.360.cn. Gunakan versi 360Root terbaru untuk menjamin keberhasilan rooting pada perangkat Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.
  • Pasang 360Root seperti aplikasi biasanya di Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.
  • Buka aplikasi 360 Root, klik tombol “Root” untuk memulai proses rooting pada Samsung A5 (2016) sobat.
  • Silahkan tunggu hingga proses rooting di Samsung Galaxy A5 (2016) sobat selesai.
  • Jika muncul aplikasi dengan icon R, berarti proses root telah sukses di Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.

#4 Memakai Aplikasi Towelroot
Sekarang melakukan root tidak perlu lagi cara yang susah seperti dulu, yakni dengan menggunakan komputer. Cukup dengan satu klik menggunakan Towelroot, sobat sudah bisa melakukan Root terhadap Samsung Galaxy A5 (2016) sobat. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy A5 (2016) dengan aplikasi Towelroot:

  • Aktifkan Sumber tak dikenal untuk bisa pasang aplikasi melalui menu Setting => Security => Unknown Source (centang).
  • Aktifkan USB Debugging, pergi ke Settings => Developer options => centang USB Debugging.
  • Untuk android 4.2 ke atas pergi ke Setting => About phone => tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kembali ke menu Setting => Developer option => centang USB Debugging.
  • Sekarang, undoh Towelroot. Pasang aplikasi Towelroot seperti aplikasi biasa pada umumnya di Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.
  • Buka aplikasi Towelroot, tekan tombol "make it r4in".
  • Tunggu beberapa saat, jika sudah 15 detik, reboot Samsung Galaxy A5 (2016) sobat.
  • Untuk memastikan Samsung Galaxy A5 (2016) telah berhasil diroot, silahkan undoh dan pasang aplikasi yang bernama Root Checker di Google Play Store.
  • Selamat, perangkat Samsung Galaxy A5 (2016) sobat telah sukses di root.

#5 Menggunakan Aplikasi Baiduroot
Pengalaman root menggunakan aplikasi ini sudah pernah dilakukan oleh bro Renaldy. Di blognya dia menulis tentang bagaimana cara root smartphone android dengan mudah dan cepat, serta bisa digunakan untuk nge-root semua perangkat android bahkan hp android China sekalipun seperti CROSS A18 milik bro Renaldy sendiri.

Dia mengatakan bahwa pernah melakukan root dengan framaroot, ginggerbreak, dkk namun selalu gagal. Setelah Dia menggunakan Baidu Root cukup satu kali klik dan tidak sampai satu menit HP bro Rendly pun sudah berstatus root. Bagi sobat yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti tutorial cara root Samsung Galaxy A5 (2016) dengan aplikasi Baiduroot berikut ini:

  • Aktifkan USB Debugging, pergi ke Settings => Developer options => centang USB Debugging.
  • Untuk android 4.2 ke atas pergi ke Setting => About phone => tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kembali ke menu Setting => Developer option => centang USB Debugging.
  • Undoh BaiduRoot di www.baiduroot.net. Pasang aplikasi Baiduroot seperti aplikasi biasa pada umumnya di Samsung A5 (2016), karena memakai Bahasa Mandarin klik saja yang tombol di kanan.
  • Buka aplikasi Baiduroot, tunggu sampai aplikasi mengenali Samsung A5 (2016) sobat, lalu pilih Root.
  • Tunggu hingga selesai dan selamat Samsung A5 (2016) sobat sudah berhasil di Root.
  • Sekarang pasang aplikasi SuperSU (ada di Google Play Store) dan buka aplikasinya, jika ada perintah untuk update SU binary "confirm" aja.
  • Jika keluar lagi pilihan “TWRP/CWM” atau “Normal”, maka pilih yang Normal saja.
  • Kemudian keluar lagi notif dengan bahasa msobatrin, silahkan pilih saja tombol disebelah kanan. Usaha cepat menekan tombol di kanan karena waktunya terbatas.
  • Selesai! Selamat sobat sudah bisa memodifikasi Samsung Galaxy A5 (2016) kesayangan sobat.

 
Kesimpulan
Root akan berhasil sukses pada Samsung Galaxy A5 (2016) jika sobat menggunakan Versi Terbaru dari salah satu aplikasi di atas. Segala resiko yang ditimbulkan pasca Root adalah murni tanggungjawab sobat sebagai pemilik perangkat.

Jika ke 5 cara di atas tidak berhasil juga untuk root HP Samsung Galaxy A5 (2016) sobat, langkah terakhir adalah root menggunakan PC/komputer/Laptop. Biasanya jika menggunakan PC, tingkat keberhasilan rooting akan tinggi dan tingkat kegagalan akan kecil, karena bahan yang digunakan untuk root telah di uji sebelumnya.

Itulah 5 Cara Root Samsung A5 (2016) Tanpa PC atau dengan Aplikasi. Untuk cara root Samsung Galaxy A5 (2016) menggunakan PC silahkan searching aja di mbah Google. Semoga postingan ini bermanfaat untuk memodifikasi perangkat kesayangan sobat sesuai dengan selera. Share jika suka dengan postingan ini ya sob…

5 Cara Root Samsung Galaxy A5 (2016) Tanpa PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: Thursday, October 27, 2016