Cara Atasi Game Pokemon Go Agar Tidak Lemot Tanpa Root

Seperti diketahui, game popular Pokemon Go saat dimainkan memakan banyak RAM yang mengakibatkan HP kita menjadi lemot atau lambat. Untuk memainkan game ini dengan lancar, maka anda perlu menambah atau memperbesar kapasitas RAM di smartphone android kesayangan anda.

Ada banyak cara untuk memperbesar ukuran kapasitas RAM, mulai menggunakan cara mudah (tanpa root) sampai memakai cara yang mengharuskan HP anda di Root. Nah.. cara yang saya gunakan kali ini adalah tanpa memerlukan proses root sehingga tidak teralu menimbulkan banyak resiko.

Memainkan game Pokemon Go di RAM 1 GB memang masih sering lemot (macet atau lambat), apalagi jika kita main di kapasitas RAM kecil yang hanya 512 MB sudah pasti anda tahu betapa menyebalkannya. Untuk dapat memainkan game Pokemon Go ini dengan lancar tanpa macet atau lemot, saya menggunakan Samsung Galaxy J1 Dual SIM yang menggunakan RAM hanya 512 MB dengan OS Android v4.4.4 (KitKat).

Langkah mendasar yang harus anda lakukan adalah ketika anda mendownload game Pokemon Go di Google Play Store, hal ini tentu tidak menjadi kendala karena aplikasi tersebut langsung terinstall. Namun, jika anda mendownload APK game Pokemon Go secara manual di internet, silahkan anda letakkan file APK tersebut di memori eksternal. Karena ketika anda menginstall game ini, semua filenya akan tersimpan di memori internal. Jadi pastikan memori internal anda free 200 MB ke atas agar game ini bisa berjalan dengan lancar.

Jangan lupa untuk memindahkan semua file seperti gambar, musik, video, dll ke memori eksternal agar aman. Jika semua file anda sudah dipindahkan ke memori eksternal, silahkan ikuti step by step berikut ini yang sudah saya buktikan sendiri di Samsung Galaxy J1 dual SIM sehingga bisa bermain Pokemon Go tanpa lag atau lemot.


Step 1: Hal Yang Dibutuhkan
  • Pasang/install game Pokemon Go seperti memasang game pada umumnya, jika belum punya silahkan und0h di Google Play Store. Jika game Pokemon Go sudah terpasang di HP anda, silahkan lewati saja langkah ini.
  • Selanjutnya, anda harus memiliki akun “Gmail” atau akun “Pokemon Trainer Club” untuk bisa memainkan game ini. Jika sudah punya silahkan lewati langkah ini. Namun jika anda belum punya, silahkan daftar Gmail disini www.gmail.com atau ingin memakai akun Pokemon Trainer, ikuti step by step pendaftaran sampai selesai.
  • Berikutnya, jangan langsung buka game Pokemon Go anda, ikuti step 2 di bawah ini.

Step 2: Tambah RAM
Untuk dapat lancar memainkan game Pokemon Go, kita membutuhkan kapasitas RAM yang longgar. Sementara, untuk menambahkan RAM anda harus menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang background. Dan bisa dikembalikan kesemula jika anda menginginkannya. Silahkan ikuti stepnya di bawah ini.
  • Buka menu "Pengaturan => App atau Manager Aplikasi. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Manager Aplikasi di Samsung J1

  • Selanjutnya, silahkan anda geser terus ke kanan sehingga berada pada pilihan “Semua” seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Manager Aplikasi di Samsung J1

Silahkan anda pilih beberapa aplikasi yang ingin anda non-aktifkan untuk sementara waktu. Misalnya saya akan menon-aktifkan aplikasi Google Chrome, silahkan anda langsung klik saya ikon aplikasi Google Chrome-nya.

  • Setelah anda klik icon aplikasi Google Chrome maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silahkan anda pilih “Tidak Memungkinkan”.
Aplikasi Google Chrome

  • Setelah anda memilih “Tidak Memungkinkan” maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. Pilih saja “OK”.
Non-aktifkan aplikasi Google Chrome

  • Berikutnya akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. Silahkan anda pilih “Hapus Instalan”.
Kembalikan Chrome ke pabrikan

Sebenarnya anda tidak menghapus instalasi tetapi mengembalikan aplikasi ini ke pabrikan, jadi semua update yang pernah aplikasi itu lakukan akan kembali kesedia kala sehingga menghemat memori sekaligus RAM anda. Jadi, anda tidak perlu khawatir takut kehilangan aplikasi tersebut.

  • Setelah proses di atas selesai, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Artinya, aplikasi Google Chrome sudah anda non-aktifkan sehingga tidak akan mengganggu RAM.
Google Chrome berhasil di Non-aktifkan

  • Lakukan juga pada aplikasi lainnya yang memakan banyak RAM seperti BBM, WhatsApps, Line, Google Play Store, Pembaharuan perangkat, dll. Untuk melihat daftar aplikasi yang anda non-aktifkan, silahkan anda cukup geser saja ke kanan. Maka anda akan berada di menu “Tidak memungkinkan”. Berikut ini daftar aplikasi yang telah berhasil saya non-aktifkan.
Daftar aplikasi di non-aktifkan

Daftar aplikasi di non-aktifkan

Daftar aplikasi di non-aktifkan

  • Jika anda ingin mengembalikannya ke semula, silahkan klik pilihan “Memungkinkan” maka aplikasi Google Chrome akan kembali kesemula lagi. Lihat gambar di bawah ini.
Aktifkan kembali Google Chrome

Untuk membuktikan bahwa kapasitas RAM anda sudah bertambah, silahkan pergi ke menu Pengaturan => Apps atau Manajer Aplikasi => Berjalan. Taraaa… kapasitas RAM anda kini semakin longgar dan siap bermain game Pokemon Go. Sekarang ikuti langkah 3 di bawah ini.

Step 3: Buka Pokemon Go
  • Silahkan anda open game Pokemon Go, lalu tunggu beberapa saat hingga masuk halaman awal Pokemon Go muncul.
  • Biasanya, pertama kali membuka diminta untuk memasukkan umur. Silahkan anda masukkan umur anda. Jika sudah klik Submit atau Enter.
  • Berikutnya akan muncul dua pilihan login. Silahkan anda pilih, mau login menggunakan akun “Google” atau “Pokemon Trainer Club”. Masukkan User name dan Password sesuai dengan akun yang telah anda dibuat.
  • SELESAI, anda sudah bisa bermain Pokemon Go dengan lancar tanpa lemot atau lag.

Step 4: Solusi Signal GPS
Saat pertama kali kita membuka game Pokemon Go, masalah yang sering timbul yakni “GPS Signal Not Found”. Artinya, anda diminta untuk mengaktifkan fitur GPS dari menu Lokasi. Berikut ini solusi cara untuk mengatasi GPS Signal Not Found di Pokemon Go:
  • Buka menu "Pengaturan => App => pilih Pokemon Go => Kemudian klik Force close atau paksa berhenti game Pokemon Go"
  • Selanjutnya buka menu "Pengaturan => Location/Lokasi => Klik Mode => Kemudian pilih High accuracy/Akurasi Tinggi"
  • Jika sudah, buka kembali "Pengaturan => About Phone/Tentang Ponsel => klik build number/nomor bentukan secara trus menerus sampai fitur developer aktif.
  • Kemudian buka kembali "Pengaturan => developer/mode pengembang => nonaktifkan allow mock locations.
  • RAMPUNG, kini anda bisa bermain Pokemon Go dengan lancar tanpa hambatan lemot lagi.

Kesimpulan
Cara mengatasi game Pokemon Go agar tidak lemot atau lambat saat main di ram kecil di atas sudah terbukti berhasil di Samsung Galaxy J1 Dual SIM yang memiliki RAM hanya 512 MB. Dan yang paling penting dari cara ini adalah HP anda tidak perlu proses root. Jika anda mengikuti dengan benar langkah di atas pasti bisa bermain dengan lancar tanpa lag.

Cara Atasi Game Pokemon Go Agar Tidak Lemot Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: Monday, August 08, 2016