Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah Baterai HP Kembung

Sudah bukan rahasia lagi kalau baterai beberapa HP memang ada yang megalami kembung atau membengkak. Beberapa smartphone dengan berbagai OS (Operating System) yang pernah mengalaminya seperti Android, iPhone (iOS), Blackberry, Symbian (Nokia), Microsoft, dll. Banyak faktor yang menyebabkan baterai HP mengalami pembengkakan yang bahkan dalam suatu kondisi bisa berakibat meledak.


Demi untuk terhindar dari kasus menakutkan tersebut artikel ini dibuat. Jika postingan sebelumnya Peta Ponsel telah membahas tentang cara mengatasi HP boros baterai dan cepat panas, kali ini masih seputar tema yang sama yakni mengenai "Baterai". Pertanyaan yang muncul pertama kali adalah mengapa baterai HP bisa membengkak? Sebelum lanjut ke pembahasan lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui dulu penyebab baterai menjadi kembung.


Penyebab Baterai HP Kembung
Baterai HP yang kembung dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Kemungkinan beberapa problem berikut ini yang membuat baterai smartphone kesayangan anda menjadi kembung. Silahkan simak penyebabnya di bawah ini.

1. Charger Terlalu Lama
Melakukan charger HP terlalu lama dapat membuat kualitas baterai menurun. Jika proses charging sudah penuh 100% namun tetap dibiarkan dalam kondisi yang masih terhubung energy listrik mengakibatkan baterai tidak sempat untuk beristirahat karena aliran listrik terus-menerus mengalir tanpa henti sehingga membuat baterai HP lama kelamaan menjadi cepat habis. Hal ini merupakan gejala awal yang menimbulkan baterai menjadi kembung, karena jika baterai HP sudah cepat habis maka sudah pasti anda juga semakin sering men-charger smartphone tersebut.

2. Menelpon Saat Charger
Penggunaan HP yang secara terus-menerus tanpa istirahat juga menjadi pemicu baterai cepat membengkak. Jika anda menelpon sambil melakukan charging, maka HP akan cepat panas dan umur baterai juga semakin berkurang.

3. Pengaruh Suhu Ekstrem

Meletakkan HP di suhu yang dingin atau suhu yang panas akan menyebabkan kondisi yang berbeda pada baterai. HP yang sering berada di suhu yang sangat dingin mungkin mengurangi suhu panas dan membuat baterai lebih hemat ketika digunakan. Namun apabila HP tidak digunakan maka kualitas baterai juga akan menurun akibat suhu dingin. Sedangkan, apabila berada di suhu yang terlalu panas sudah pasti umur baterai cepat berkurang sekaligus cepat kembung. Bahkan jika anda diamkan saja dalam kondisi standby baterai HP tersebut juga akan terkuras.

4. Faktor Usia Baterai
Baterai yang baru tentu memiliki peforma yang baik dan bertahan lama ketika digunakan. Tetapi, baterai yang sudah berumur lama tentu mengalami penurunan kualitas dan memang harus diganti demi keamanan si pengguna.

5. Kedap Udara
Waspadalah menggunakan smartphone yang memiliki baterai Non-removeable (tidak bisa dilepas). Karena, casing cover tidak bisa dibuka sehingga udara sulit untuk masuk kedalam yang membuat baterai akan cepat panas dan dalam kondisi tertentu bisa membuat kembung. Apalagi smartphone anti air sudah pasti kedap udara yang membuat baterai cepat panas. Selain itu, celah yang sempit antara baterai dengan cover (casing) juga mempengaruhi umur baterai.

6. Baterai Palsu
Baterai asli atau original sudah pasti memiliki daya tahan dan umur yang relative panjang. Berbeda dengan baterai palsu yang cepat panas dan bahkan akan cepat habis ketika digunakan untuk standby saja. sebaiknya, beli baterai HP yang ori meskipun sedikit lebih mahal yang terpenting kualitas dan keamanannya terjamin.


Cara Mengatasi Baterai HP Kembung
Apabila baterai H panda sudah terlanjur kembung atau membengkak, jangan panik tetap tenag dan Tarik nafas anda dalam-dalam. Beberapa tips berikut ini akan membantu anda dalam menangani masalah baterai anda yang membengkak.

1. Jangan Charge Baterai
Kondisi baterai HP yang sudah terlanjur kembung akan sangat berbahaya jika anda men-charger. Jika anda tetap paksakan melakukan charger, resiko yang ditimbulkan akan tinggi karena baterai sedang berada dalam kondisi yang tidak stabil. Apabila tetap dipaksakan, dalam suatu kondisi akan mengabibatkan meledaknya baterai tersebut.

2. Cabut Baterai dari HP

Karena baterai HP yang terus mengembung akan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk memperbesar ukurannya secara perlahan namun pasti, sebaiknya hentikan menggunakan baterai tersebut. Dari pada membahayakan nyawa anda, lebih baik anda cabut baterai yang kembung tersebut dari HP dan buang saja di tempat sampah. Kalau bisa, sebaiknya anda menggantinya dengan baterai HP yang baru dan original saja.

3. Baterai Non-Removeable
Jika baterai HP bisa dilepas langsung maka untuk mencopotnya tentu tidaklah sulit dan bisa dilakukan kapan saja. namun, bagaimana dengan baterai yang casingnya tidak bisa di copot karena Non-Removeable? Apabila baterai HP anda non-removeable, serahkan saja pada ahli untuk mencabutnya atau anda bisa membanya ke konter HP terdekat. Hindari untuk mencabutnya sendiri, apabila salah bisa menyebabkan garansi HP anda akan hilang. Selain itu, anda juga bisa cidera karena belum mahir membukanya.

4. Hindari Buang Baterai Sembarang Tempat
Sebisa mungkin, jangan pernah membuang baterai yang berada dalam kondisi kembung ke tempat sampah. Meskipun di Tanah Air belum ada suatu tempat khusus untuk mendaur ulang sampah elektronik seperti baterai, bukan berarti anda harus membuangnya di sembarang tempat sampah.

Baterai HP yang membengkak harus diperlakukan secara khusus, entah itu dibuang secara kolektif atau di simpan dalam suatu tempat khusus. Intinya, hindari membuang baterai kembung di tempat sampah yang sering dibakar, jika itu terjadi baterai yang kembung tersebut bisa langsung meledak dan membahayakan petugas sampah serta lingkungan setempat.

5. Ganti dengan Baterai Baru

Ini merupakan solusi yang paling baik untuk menghindari resiko yang membahayakan pengguna HP. Dengan mengganti baterai yang meskipun kembung sedikit dengan baterai baru, anda akan terhindar dari bahaya yang mengancam keselamatan anda.



Cara Mencegah Baterai Kembung
Alangkah baiknya jika anda menerapkan pola hidup aman memakai gadged dengan mengetahui sekaligus menerapkan tips agar terhindar dari baterai HP yang membengkak. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan.

1. Jaga Suhu Baterai Tetap Stabil
Umur baterai HP akan bertahan lama apabila di simpan dalam suhu yang stabil. Suhu yang terlalu panas akan membuat baterai juga ikut cepat panas sehingga mengakibatkan energi baterai cepat terkuras. Hindari sebisa mungkin menggunakan smartphone di bawah terik matahari langsung.

2. Gunakan Charger Original
Menggunakan charger palsu atau charger merek HP lain bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai karena daya input pengisian baterai yang tidak sesuai. Charger yang baik adalah yang original atau berasal langsung dari pabrikan pembuat HP tersebut. Di pasaran khususnya di Indonesia, memang banyak sekali charger murah dengan kualitas yang tidak baik. Selain membahayakan kondisi baterai, juga membuat si pengguna terancam apabila kabel charger tersebut palsu.

3. Hindari Charger Terus Menerus
Seperti halnya manusia, baterai juga mempunyai umur yang sesuai ketentuan. Jangan melakukan charger baterai terlalu lama, jika sudah menunjukkan 100% sebaiknya anda langsung mencabutnya. Semakin sering anda melakukan pengisian baterai maka umur baterai pun juga akan ikut berkurang.

4. Ganti Baterai Sebelum Kembung
Jangan menunggu baterai anda kembung dulu baru anda mau menggantinya. Apabila ketika anda menggunakan baterai menjadi cepat habis tidak seperti sewajarnya, sebaiknya anda langsung menggantinga dengan baterai HP yang baru untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, baterai yang belum kembung itu juga bisa anda jadikan cadangan saat kepepet. Ingat!! Selalu gunakan baterai ori untuk menggantinya demi keamanan.


Demikianlah beberapa penyebab, cara mengatasi dan mencegah baterai HP yang kembung atau membengkak versi Peta Ponsel. Apabila ada yang ingin anda tanyakan seputar kasus-kasus yang anda alami pada baterai smartphone anda, silahkan komentar di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah Baterai HP Kembung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: April 06, 2016