15 Cara Mengatasi HP Android Boros Baterai dan Cepat Panas

Pernahkah anda mengalami ketika membeli smartphone baru tapi baterai cepat habis? Banyak orang yang mengalami masalah yang sama dan mencari solusi cara untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas. Bahkan, dampak yang timbul dalam suatu kondisi tertentu yakni Hp Android bisa mengalami lemot saat dipakai internetan. Mengapa baterai cepat habis padahal masih baru? Ada banyak factor yang menyebabkan ha itu diantaranya; terlalu banyak membuka aplikasi (multi tasking), sering digunakan bermain game, dan lain sebagainya.

Masih ingat dengan postingan sebelumnya tentang 10 Hp Android 4G Murah Kualitas Terbaik di Indonesia. Nahh,, jaringan juga mempengaruhi hemat atau borosnya penggunaan baterai pada ponsel anda. Ambang batas suhu panas suatu smartphone memang berbeda-beda. Penyebabnya yakni karena CPU, GPU, dan Chipset yang digunakannya berbeda sehingga menghasilkan peforma yang berbeda pula. Jangan biarkan HP Android kita mengalami demam panas yang tinggi karena dampaknya akan merusak system. Jika cuaca sedang panas, jangan bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat karena hal itu akan membuat baterai cepat terkuras dan mengurangi umur baterai HP Android
Anda.

Sebenarnya, di internet sendiri banyak bertebaran postingan yang membahas tentang cara untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, namun jika anda belum puas dengan postingan tersebut anda bisa membaca beberapa tips dari Peta Ponsel berikut ini;

15 Cara Mengatasi HP Android Boros Baterai dan Cepat Panas

#1. Memonitoring lalu lintas data internet.
Cara ini efektif untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, karena dengan mengatur lalu lintas data internet akan membuat baterai android menjadi hemat dan kuota internet juga ikut hemat. Jika Hp Android sudah di root, gunakan aplikasi Droidwall untuk melakukan pekerjaan dalam hal menghemat kuota internet.

#2. Hilangkan beberapa widget pada Home Screen. Selain membuat daya baterai boros, penambahan widget yang terlalu banyak juga membuat HP Android lemot karena memakan kapasitas memori RAM yang banyak. Jika cara ini diterapkan, maka anda sudah bisa mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas dalam hal widget.

#3. Delete aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan menghapus beberapa plikasi yang memakan daya baterai sekaligus mempersempit memori ini, anda sudah bisa mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas pada Hp Android anda. Aplikasi yang berjalan dibelakang background selain menguras baterai juga membuat ponsel semakin panas.

#4. Hindari penggunaan antivirus berlebihan. Cara ini juga bisa mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas. Beberapa aplikasi antivirus biasanya berjalan di latar belakang untuk siap siaga menjaga smartphone Android dari ancaman virus. Meskipun aplikasi ini tidak kita buka, aplikasi ini tetap akan berjalan secara otomatis serta mengkonsumsi RAM, dan memakan daya baterai yang lumayan pula. Jika antivirus pada Hp Android anda lebih dari satu, maka daya baterai yang terkuras juga meningkat.

#5. Manfaatkan aplikasi pembersih sampah. Anda bisa gunakan aplikasi pembersih sampah bernama CCleaner untuk membersihkan sampah seperti cache, folder kosong, cookies, dan junk files yang memakan memori serta memperlambat kinerja ponsel. Jika semua sampah bersih, Hp Android akan tetap sehat dan umur baterai juga ikut panjang.

#6. Non-aktifkan live wallpaper. Mematikan animasi wallpaper pada ponsel juga bisa mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas. Live wallpaper memakan daya sangat boros sehingga menyebabkan baterai berumur pendek. Selain itu, wallpaper aktif ini juga memakan RAM yang cukup besar sehingga membuat smartphone menjadi lemot. Setidaknya, dengan mengaktifkan fungsi live wallpaper ini, baterai Hp Android akan hemat sekira 30% daya.

#7. Freeze aplikasi bawaan ponsel. Freeze adalah membekukan aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan ponsel yang berjalan dibelakang background yang memakan RAM serta daya baterai yang cukup banyak. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, karena dengan membekukan aplikasi tersebut kapasitas RAM jadi lebih longgar dan membuat aplikasi penting saja yang berjalan dibelakang background sehingga daya baterai menjadi hemat. Aplikasi yang mampu melakukan ini yakni Titanium Backup dan atau Link2SD.

#8. Biasakan ponsel berada dalam keadaan mati ketika charging. Ini juga merupakan salah satu cara mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, karena jika ponsel discharging dalam keadaan stanby maka daya baterai terjadi proses input-output. Meskipun proses output tak sebesar input, namun hal ini mempengaruhi umur baterai sehingga menjadi pendek. Bahkan, dalam suatu keadaan tertentu bisa menyebabkan baterai menjadi kembung. Kalau sudah begitu, mau tidak mau harus beli baterai baru bukan?

#9. Tutup paksa aplikasi yang tidak terlalu penting. Aplikasi yang tidak terpakai sebaiknya memang harus di close secara paksa untuk membuat kapasitas RAM menjadi longgar dan menghemat daya baterai ponsel anda. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas.

#10. Pilih aplikasi Free yang berkualitas. Kendala yang dialami pengguna Hp Android selama ini adalah banyaknya iklan pop ads yang muncul pada berbagai aplikasi maupun game yang sudah di install. Kemunculan iklan tersebut juga memakan daya baterai yang cukup, sehingga ketika kita membuka aplikasi atau game itu pasti baterai cepat habis. Dalam hal ini, untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas bisa kita gunnakan dengan aplikasi Lucky Patcher. Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat aplikasi atau game gratis menjadi full lisensi serta bisa menghapus iklan pop ads yang ada pada aplikasi atau game tersebut.

#11. Multi tasking jangan terlalu banyak. Kelebihan suatu smartphone yakni mampu melakukan banyak multi tasking atau membuka banyak windows. Jika anda ingin mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, kurangi multi tasking yangterlalu banyak karena bisa memakan RAM yang banyak juga serta boros baterai.

#12. Pilih launcher yang ringan dan minimalis. Ponsel Android memang terkesan menarik jika kita menggunakan launcher yang keren ditambah dengan animasi yang bergerak membuat smartphone menjadi semakin hidup. Namun, sadar atau tidaknya hal ini memakan daya baterai yang cukup banyak ditambah lagi mengurangi kapasitas RAM dan memori yang tinggi pula. Jadi, untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, gunakanlah launcher yang ringan serta memiliki tampilan yang minimalis sehingga hemat baterai, RAM, dan memori.

#13. Mengatur kecerahan layar. Aplagi yang satu ini, sudah pasti tingkat kecerahan setiap layar akan memakan daya baterai yang berbeda pula. Jika layar di atur dengan kontras yang tinggi, maka ponsel sudah pasti akan cepat kehabisan daya baterai. Nah,, untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, anda bisa atur kontrosnya sesuai dengan kondisi saat itu. Jika berada di tempat yang gelap, cohayanya bisa kita redupkan, begitu juga sebaliknya.

#14. Tidak meletakkan ponsel di tempat yang bersuhu tinggi.
Selain factor internal, factor eksternal juga sangat mempengaruhi baterai. Jika kita meletakkan ponsel ditempat yang panas, baterai akan cepat habis, sedangkan jika diletakkan ditempat yang dingin dalam kondisi yang sama, baterai akan hemat. Jika anda ingin mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas, hindari meletakkan ponsel di suhu panas.

#15. Istirahatkan ponsel. Jika smartphone Android sedang tidak kita pakai, istirahatkan ponsel dengan cara mematikannya. Hal ini bisa membuat umur baterai menjadi panjang karena ada jeda waktu untuk beristirahat. Kalau bisa, kita punya dua baterai. Ketika baterai yang satunya dipakai, maka yang satunya lagi bisa beristirahat. Cara ini boleh anda terapkan untuk mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas.

Apabila kita semua menerapkan apa yang tertuis di atas, sudah pasti kita bisa mengatasi Hp Android yang boros baterai dan cepat panas. Selain itu, umur baterai pun menjadi lebih panjang serta hemat RAM. Smartphone Android kesayangan anda pun akan menjadi awet pakai karena tetap terjaga perawatannya.

Demikianlah postingan tentang 15 Cara Mengatasi HP Android Boros Baterai dan Cepat Panas yang bermanfaat bagi kita semua untuk menjaga smartphone menjadi lebih awet meskipun dalam pemakaian jangka panjang sekalipun. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bubuhkan saja melalui komentar. Terimakasih,,,,

15 Cara Mengatasi HP Android Boros Baterai dan Cepat Panas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peta Ponsel
Posted by Peta Ponsel
Peta Ponsel Updated at: February 22, 2016